Polisi Ungkap Peran 24 Orang Pendukung MIT Poso-ISIS, Gelar Pelatihan Hingga Siapkan Amunisi

oleh -65 Dilihat
Polisi Ungkap Peran 24 Orang Pendukung MIT Poso-ISIS, Gelar Pelatihan Hingga Siapkan Amunisi

Laporan Wartawan Tribunrakyatnews.com, Igman Ibrahim

Tribunrakyatnews.com, JAKARTA – Polri mengungkap peran dan keterlibatan 24 orang teroris pendukung Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso dan ISIS yang ditangkap pada Sabtu (14/5/2022).

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menyampaikan bahwa tersangka yang ditangkap diduga pernah menggelar pelatihan yang terkait tindak pidana terorisme.

“24 orang tersangka yang telah diamankan dan ditangkap oleh Densus 88 yaitu secara umum mereka beberapa kali mengikuti giat idat atau pelatihan-pelatihan,” kata Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (17/5/2022).

Ramadhan menuturkan bahwa para tersangka juga pernah memberikan dukungan MIT Poso dengan menyiapkan sejumlah logistik hingga amunisi.

“Memberikan dukungan kepada kelompok MIT Poso berupa berencana bergabung bersama kelompok MIT, membantu penyiapan logistik termasuk logistik amunisi dan menyembunyikan informasi-informasi terkait dengan kegiatan MIT Poso itu sendiri,” ungkap dia.

Di siai lain, ia menuturkan 24 teroris pendukung MIT Poso dan ISIS yang ditangkap tersebut telah berbaiat dengan pimpinan ISIS terbaru Abu Hasan Al-Hashimi.

Diketahui, Al-Hashimi terpilih menjadi pimpinan ISIS terbaru setelah kematian pemimpin sebelumnya, Abu Ibrahim al-Qurashi. Dia meledakkan dirinya dalam serangan oleh pasukan khusus Amerika Serikat di barat laut Suriah.

“Kita ketahui organisasi ISIS sudah memiliki pemimpin yang baru. Jadi, beberapa orang ini telah melakukan baiat kepada pemimpin ISIS yang baru yaitu Abu Hasan Al-Hashimi Al-Quraisy,” jelas dia.

Ramadhan menyampaikan bahwa para tersangka juga diminta untuk menfirimkan sebuah video ke grup Whatsapp (WA) yang menunjukkan bahwa mereka telah mengucap baiat kepada Al-Hashimi.

Baca juga: 24 Teroris yang Ditangkap Telah Berbaiat kepada Pimpinan ISIS Abu Hasan Al-Hashimi Lewat Medsos

No More Posts Available.

No more pages to load.